jalan-jalan sambil bertiga , jalannya muter-muter, eh ini ada si Yogga, cita-citanya seorang dokter :)selamat datang di Waroeng Kopi :)

Minggu, 11 November 2012

Etika dan keselamatan dalam menggukan IT

helloo sobat!! kali ini saya membahas tentang etika dan keselamatan dalam menggunakan IT. oh iya, sebelum membahas etika, apakah etika itu???


Etika berasal dari bahasa Yunani ethikos yang berarti timbul dari kebiasaan. Etika mencakup analisis dan
penerapan nilai-nilai seperti benar, salah, baik, buruk dan tanggung jawab. etika ini harus di terapkan di dunia IT, meskipun berupa dunia digital, teknologi informasi dan komunikasi hanyalah media yang dikendalikan oleh manusia.
salah satu contoh etika dalam IT adalah penggunaan internet yang sopan, dan tepat guna sob.. meskipun komunikasi melalui internet hanyalah berupa tulisan atau simbol, tetapi kita harus menjaga tutur kata dan menerapakan etika yang baik. selain itu menghormati hak cipta orang lain itu juga termasuk etika. pembuatnnya sudah bersusah payah membuat dan mengembangkan perangkat lunak yang dia buat, masa kita mau membajaknya??

ok selain memperhatikan etika dan moral dalam menggukan IT, kita juga harus memperhatikan prinsip kesehatan dan keselamatan kerja. sob, penggunaan IT yang tidak sesuai prosedur bisa berakibat negative bagi si pengguna. inget dalam melakukan pekerjaan, selalu SAFETY FIRST :)

A. Sikap dan etika moral dalam IT
1. Hak cipta perangkat lunak
kalo berbicara tentang perangkat lunak, pasti berhubungan dengan hukum kepemilikan. suatu hasil karya, pasti memiliki hak milik . nah, ini yang dinamkan HAKI ( Hak Kekayaan Intelektual). hak ini melindungi hasil pemikiran suatu budidaya manusia. ang termasuk dalm Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) adalah:
  1. Hak Cipta (Copyraight)
  2. Merk Dagang (Trademarks)
  3. Paten (Patent)
  4. Desain Produk Industri (Industrial designs)
  5. Indikasi Geografi (Geographical Indication)
  6. Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu/Layout Design (Topography of intergrated circuits)
  7. Perlindungan Informasi yang dirahasiakan (protection of undisclosed information).    

 dalam menghargai usaha yang dilakukan pembuat software, kita bisa
1. menghargai kreatifitas orang lain
2. hindari Illegal Copy
3. hindari memodifikasi program

B. prinsip keselamatan dalam bekerja
 nah ini dia, keselamatan itu hal yang utama yang harus diterapkan. Para pengguna komputer pribadi pun perlu menerapkan prinsip menjaga kesehatan dan keselamatan kerja menurut petunjuk yang sudah ada. Seorang yang sehari-hari menggunakan komputer baik untuk pekerjaan, pendidikan, ataupun hobi tetap harus memperhatikan prinsip-prinsip kesehatan agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan yang mungkin muncul akibat penggunaan komputer adalah:
1. gangguan pada mata
2. gangguan pada kepala
3. gangguan pada tangan
4. gangguan pada badan
Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan di dalam penggunaan media komputer ini dalam hubungannya dengan kesehatan dan keselamatan kerja.

  1. Posisi duduk : tempat duduk yg ideal dan bersandar,kursi ideal bisa berputar dan dpt diatur tinggi rendahnya, tempat duduk yg tidak bersandar dpt mnyebabkan punggung kelelahan
  2. Posisi mata : harus lurus dan tidak terlalu tinggi atau rendah,jika posisi mata tinggi atau rendah membuat leher cepat lelah,layar yg digunakan sebaiknya yg low radiasi , atau layar jenis LCD
  3. Posisi tangan pada keyboard : pilih tuts keyboard yg lembut dan gunakan jari sebanyak mungkin untuk mengetik .
Posisi duduk akan berpengaruh pada pada bagian tubuh kita yaitu bagain punggung dan pinggang. Posisi duduk yang benar akan membuat punggung dan pinggang kita tidak mengalami kenyerian dan kelelahan.



ok sekian itu tips dari saya, semoga bermanfaat 
wassalam :) 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar